Jumat, 24 Desember 2010

Kecanggihan Teknologi Berdampak Pada Perkembangan Anak

Oleh : Oktiva Yuda Aryono

Pada era modernisasi saat ini, teknologi semakin canggih. Seiring bergantinya waktu, teknologi juga semakin berkembang dan mengalami perubahan secara pesat. Hal ini dibuktikan dengan munculnya inovasi-inovasi terbaru yang semakin memanjakan para konsumennya untuk menggunakan suatu teknologi tersebut secara efektif dan efisien. Sebagai contoh, handphone yang telah dilengkapi dengan fasilitas internet, selain itu telah munculnya laptop yang mempermudah pengguna untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.


Kemajuan teknologi tersebut disamping memberi manfaat bagi orang dewasa juga akan memberikan dampak bagi perkembangan anak. Dalam hal ini akan memunculkan berbagai macam dampak positif dan dampak negatif bagi si anak. Ada beberapa contoh dampak positifnya, pertama dengan adanya akses internet si anak akan lebih mudah untuk memperoleh informasi-informasi serta materi pembelajaran. Kedua, si anak menjadi tidak gaptek akan kecanggihan teknologi saat ini. Ketiga, dengan adanya handphone si anak akan lebih terkontrol dari orang tuanya untuk berkomunikasi jika tidak ada di rumah. Namun disisi lain, teknologi ini juga memiliki dampak negatif bagi si anak. Contohnya, pertama dengan adanya akses internet tersebut si anak dapat dengan bebas menjelajahi situs-situs yang sebenarnya tidak baik bagi perkembangan anak, misalnya saja situs-situs porno. Kedua, saat ini telah muncul game online yang semakin marak, yang membuat kecanduan bagi si anak sehingga anak tersebut menjadi malas belajar. Ketiga, handphone yang difasilitasi bluetooth akan mempermudah anak untuk bertransaksi gambar ataupun video yang belum selayaknya dikonsumsi oleh mereka.

Dalam permasalahan ini, peran orang tua sangat dibutuhkan bagi perkembangan si anak. Hendaknya, orang tua dapat mengontrol pada saat menggunakan teknologi tersebut agar tidak disalahgunakan oleh anak tersebut. Dengan adanya pengawasan yang maksimal dari orang tua, maka perkembangan anak akan lebih terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar